Minggu, 06 Februari 2011

ANALISA BIAYA & MANFAAT (2)

KOMPONEN MANFAAT

Manfaat yang di dapat dari sistem informasi yang dibangun / dikembangkan dapat Diklasifikasikan sebagai berikut :
1. Manfaat mengurangi biaya
2. Manfaat mengurangi kesalahan-kesalahan
3. Manfaat meningkatkan kecepatan aktivitas
4. Manfaat meningkatkan perencanaan & pengendalian manajemen

Manfaat dari sistem informasi dapat juga diklasifikasikan dalam bentuk keuntungan berwujud (tangible benefits) dan keuntungan tak berwujud (in-tangible benefits).

KEUNTUNGAN BERWUJUD merupakan keuntungan yang dapat berupa penghematan atau peningkatan efisiensi di dalam perusahaan yang dapat diukur secara kuantitas dalam bentuk satuan nilai uang.

KEUNTUNGAN BERWUJUD (tangible benefits) diantaranya adalah sbb :
1. Pengurangan biaya operasi
2. Pengurangan kesalahan proses
3. Pengurangan biaya telekomunikasi
4. Peningkatan penjualan
5. Pengurangan biaya persediaan
6. Pengurangan kredit tak tertagih (macet)

KEUNTUNGAN TAK BERWUJUD (in-tangible benefits) merupakan keuntungan yang sulit atau tidak mungkin dapat diukur dalam satuan nilai uang.

KEUNTUNGAN TAK BERWUJUD diantaranya sbb :
1. Peningkatan pelayanan lebih baik kepada pelanggan
2. Peningkatan kepuasan kerja personil
3. Peningkatan pengambilan keputusan manajemen yang lebih baik

Karena keuntungan tak berwujud (in-tangible benefits) sulit untuk diukur dalam satuan nilai uang, maka cara pengukurannya dapat Dilakukan dengan cara menganalisa data